Sabtu Karakter Pelajar SMK TKM Tempuran Antusias Ikuti Kegiatan Memasak dengan Riang Gembira

Sabtu Karakter Pelajar SMK TKM Tempuran Antusias Ikuti Kegiatan Memasak dengan Riang Gembira

Jurnal Sekolah TKM -
Dalam rangka membentuk karakter Pelajar Kreatif, di SMK Taruna Karya Mandiri Tempuran (TKM Tempuran) rutin menggelar kegiatan-kegiatan kreatif dalam setiap Hari Sabtu disetiap minggunya.

Seperti yang terpantau Team Jurnal Sekolah, Hari ini, Sabtu (12/11/2022), tampak seluruh Pelajar di SMK TKM berkumpul dihalaman, ada meja yang berjejer dipenuhi peralatan memasak disana, dan terlihat kumpulan para Pelajar tengah menggelar kegiatan memasak yang ditemakan dalam kegiatan Sabtu Kreatif tersebut.

Beragam masakan tercipta dari tangan-tangan kreatif mereka, mulai dari Mie, Seblak hingga Tomyum yang menjadi olahan favorit yang ditampilkan. Mencerminkan bahwa mereka memahami dan menguasai teknik memasak yang baik dan benar, dan agar dapat mengimplementasikannya dalam keseharian mereka dirumah sebagai Remaja Mandiri.

Davit, salah satu Siswa TKM Tempuran usai kegiatan memasak berlangsung menuturkan kepada Jurnal Sekolah bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan tersebut.

"Saya sangat senang, disini kita bisa belajar masak bersama disekolah bersama teman-teman, selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat dan bisa meningkatkan rasa percaya diri, serta memasak juga dapat melatih kita dalam kesabaran," tuturnya.

Sementara itu, Karyati selaku tenaga pendidik di SMK TKM Tempuran menerangkan bahwa tujuan dari digarnya sabtu kreatif tersebut agar dapat menumbuhkan kedisiplinan.

"Dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter Siswa dalam kedisiplinan dari segi waktu, seragam, dan membantu meningkatkan jiwa sosial antar siswa. Kemudian kolaborasi antar siswa beserta temannya dalam menyelesaikan kegiatan sabtu karakter ini," terangnya.

Karyati juga menambahkan, kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka menumbuhkan karakter Siswa melalui gotong royong.

"Serta penumbuhan P5 dalam kegiatan sabtu karakter  Siswa, salah satunya yaitu gotong royong, dengan membangun suasana belajar yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. Dikegiatan Sabtu Karakter ini mereka dapat berinovasi, kreatif dan mandiri," tambahnya.

Selain itu, dengan kegiatan tersebut, diharapkan agar dapat menumbuhkan kedisiplinan kan kegembiraan dalam mengikuti pembelajaran disekolah.

"Kami berharap, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa, tumbuhnya karakter nasionalis dan agamis dari masing-masing siswa, serta siswa memiliki kebebasan belajar mandiri dan kreatif, serta menciptakan suasana belajar yang bahagia atau happy situation," harapnya. (Liputan: Putri Jurnal Sekolah)